Minggu, 25 Januari 2015

Karya Sastra Itu?

Karya Sastra Itu?

Dewasa ini, memang sudah tak asing lagi mengenai sebuah Karya Sastra yang sengaja di buat oleh orang-orang. Namun, Karya Sastra pun tidak dapat langsung mudah di pahami oleh si pembaca, apalagi tanpa analisis terlebih dulu. Karena, didalamnya mengandung unsur struktur yang sangat kompleks.  Seperti pada umumnya, karya sastra disusun oleh dua unsur penyususn. Yakni, unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Untuk unsur intrinsik sendiri adalah unsur yang menyusun tema dan penokohan, alur dan pengaluran, latar dan pelataran, dan pusat pengisahan. Sedangkan, unsur ekstrinsik merupakan bagian yang menyusun aspek sosiologi, psikologi, dsb. Kedua unsur ini (intrinsik dan ekstrinsik), secara fungsional saling berhubungan dari satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya, kedua unsur tersebut dianggap sebuah struktur.

Karya Sastra memiliki fungsi, termasuk fungsi religius, kreatif, didaktif, moralitas, dsb. Untuk fungsi religius mengandung karya-karya yang membicarakan mengenai ajaran agama. Fungsi kreatif mengandung hiburan, fungsi didaktif mengandung ajakan kebenaran dan kebaikan yang dapat mengarahkan atau mendidik: Fungsi moralitas mengandung tingkah laku seseoang dengan mengajarkan kebaikan.

Dalam hal sastra ini, orang-orang  yang pencipta Karya Sastra adalah mereka yang berkarakter dinamis, yang selalu berkreasi dan berimajinasi tinggi. Sebab, Karya Sastra adalah sebuah kreatif  dan imajinatif. Sebuah karya kreatif, karya sastra bisa dijadikan sebagai sarana media untuk menyampaikan gagasan, aspirasi,  atau ide-ide. Sebagai karya kreatif biasanya menciptakan atau melahirkan sebuah kreasi yang indah, bahkan juga mengandung motivasi kepada si pembaca. Lebih dari itu, untuk dapat menciptakan sebuah kreatifitias ke dalamnya. Mau tidak mau si pengarang atau si pencipta menekankan imajinasi yang tinggi pada dirinya. Dengan berimajinsi yang tinggi bisa menemukan sebuah ide-ide atau menemukan sebuah gambaran kehidupan manusia. 

Elang, 25-Januari-2015

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.